Harian Kompas

Harian Kompas

Harian Kompas adalah perusahaan media yang berkantor pusat di Jakarta, Indonesia. Kompas diterbitkan oleh PT Kompas Media Nusantara yang merupakan bagian dari kelompok usaha Kompas Gramedia (KG), yang didirikan oleh PK. Ojong (almarhum) dan Jakob Oetama (almarhum) sejak 28 Juni 1965.

Mengusung semboyan "Amanat Hati Nurani Rakyat", Kompas dikenal sebagai sumber informasi tepercaya, akurat, dan mendalam. Nikmati sajian jurnalistik berkualitas di Kompas.id.

Komentar

  • Lukman
    Lukman4 jam yang lalu

    Mampus lo ๐Ÿคฃ

  • marnia nia
    marnia nia4 jam yang lalu

    Baguuus pake bangeet ,,

  • Eko saputra Eko
    Eko saputra Eko4 jam yang lalu

    Wkwkwkwk,,, selamat menikmati siksa dlm kubur kau manusia bodoh.

  • Wiwin Albar
    Wiwin Albar4 jam yang lalu

    Apakah kompas masih membela KPK dikebiri? Munafik kompas

  • dwi rizki utama
    dwi rizki utama5 jam yang lalu

    biar kapok sisanya di sisir lagi biar nyusul komandanya

  • bagus achuta
    bagus achuta5 jam yang lalu

    FAKTA KONFLIK ISRAEL PALESTINA. Fakta Konflik Israel-Palestina Bukan soal Agama 23 August 2019 | 15:36 WIB Jakarta - Banyak orang Indonesia berpikir konflik Israel-Palestina yang tak berujung, musuh bebuyutan, seteru abadi, adalah karena agama. Pemikiran itu salah besar. Hal tersebut disampaikan budayawan Hendra Hendarin kepada Tagar, Jumat, 23 Agustus 2019. "Bangsa kita jangan sampai salah paham. Kalau muslim Indonesia membela Palestina dan kristiani Indonesia lebih pro pada Israel, maka bangsa kita juga menjadi ikut-ikutan konflik," ujar Hendra. Berikut ini fakta-fakta konflik Israel-Palestina bukan karena agama, berdasarkan penjelasan Hendra Hendarin. Selengkapnya dalam tanya jawab. Bagaimana komposisi agama di Israel? Tidak semua penduduk di Israel adalah Yahudi. Jumlah Yahudi di Israel adalah sekitar 75 persen, sekitar total 6 juta jiwa. Sisanya adalah berbagai suku dan bangsa. Namun yang paling dominan adalah Arab, yakni sekitar 21 persen. Dari jumlah tersebut, orang Arab yang beragama Islam adalah sekitar 18 persen. Jika Anda pergi ke pasar di Israel, dari sepuluh orang yang Anda jumpai kemungkinan dua orang di antaranya adalah muslim. Hendra menambahkan, kemungkinannya lebih besar daripada seorang muslim di Indonesia bertemu seorang nasrani - yang jumlahnya di Indonesia hanya sekitar 10 persen. Sedang Kristen di Israel jumlahnya hanya sekitar 2 persen. Lalu apakah Yahudi di Israel lantas menganiaya muslim yang dijumpainya tersebut? Tidak, jika tak ada persoalan pribadi. Bahkan muslim di Israel adalah bagian paling penting dan dominan di antara agama lain di Israel. Jika judaisme -keyakinan dogma rata-rata bangsa Israel- tidak dianggap sebagai agama, Islam adalah agama terbesar di Israel. Muslim paling penting di Israel, selain Yahudi? Dalam perjuangan pendirian Negara Israel, ada banyak kelompok muslim yang membantu berjuang, sebagian besar dari mereka turut menjadi militer yang berjuang bagi kepentingan kemerdekaan Israel. Tiga kelompok muslim utama yang menjadi militer dan membantu perjuangan pendirian Negara Israel. Pertama, Suku Circassian yang beragama Islam Sunni. Kedua, Suku Badawi yang jumlahnya sekitar seperempatnya dari seluruh bangsa Arab yang tinggal di Israel. Ketiga, Suku Druze yang menganut suatu cabang dari Islam Syiah. Seperti muslim yang membantu perjuangan Israel, di Palestina juga banyak Yahudi yang membantu perjuangan rakyat Palestina. Latar belakang pemikiran mereka membantu Israel -selain karena mereka juga adalah warga negara Israel- adalah karena konon menurut tafsiran mereka, di Alquran terdapat ayat yang menyebutkan Yahudi diberi hak untuk tinggal di wilayah itu, yang mereka istilahkan dengan โ€˜tanah perjanjianโ€™. Tokoh muslim di Israel juga banyak. Dari sekian banyak itu, beberapa contohnya adalah: 1. Ghaleb Majadele, yang menjabat menteri Ilmu Pengetahuan, Budaya dan Olahraga Israel. 2. Taleb el-Sana, seorang politikus dan pengacara yang juga merupakan anggota Badan Legislasi, setingkat MPR di Indonesia, yang menjabat paling lama di Israel, baru berhenti tahun 2013. Ia berasal dari Suku Badawi. Selain itu masih banyak Badan Legislatif Israel yang muslim. 3. Ahmad Tibi, anggota legislatif yang juga adalah ketua salah satu partai politik di Israel. 4. Abdel Rahman Zuabi, seorang anggota komite Peradilan Tertinggi Israel, setingkat Mahkamah Agung di Indonesia. 5. Hussniya Jabara, wanita muslim pertama yang menjadi Anggota Badan Legislatif Israel. 6. Rana Raslan, Miss Israel 1999. Yahudi tak hanya di Israel, namun tersebar di banyak belahan bumi lain, utamanya Eropa dan Amerika. Di Inggris terdapat suatu organisasi Yahudi yang bergerak dalam dukungan terhadap Palestina, namanya adalah Jews for Justice for Palestinians (JfJfP). Bagaimana komposisi agama di Palestina? Palestina berpenduduk muslim sekitar 75 persen, Yahudi 17 persen, sekitar sebaliknya dari komposisi di Negara Israel. Seperti muslim yang membantu perjuangan Israel, di Palestina juga banyak Yahudi yang membantu perjuangan rakyat Palestina. Tak hanya Yahudi, di Palestina juga banyak masyarakat yang memiliki agama dan keyakinan lain, terutama Kristen. Sangat banyak tokoh Palestina yang nasrani, di antaranya Istri Yasser Arafat, yakni Suha Tawil Arafat. Yasser Arafat adalah tokoh dan simbol perjuangan Palestina yang paling gigih dan panjang berjuang untuk mendirikan Negara Palestina. Ia adalah ketua PLO, Organisasi Pembebasan Palestina, dan juga ketua Fatah, organsisasi di bawah PLO yang paling dominan. Anggota PLO yang anggotanya kedua paling dominan adalah The Popular Front for the Liberation of Palestine (PFLP) - organisasi militan sayap kiri yang beraliran komunis yang berkiblat ke Rusia. Sedangkan anggota ketiga terbesar PLO adalah The Democratic Front for the Liberation of Palestine (DFLP), yang beraliran Komunis lebih ke China, yakni Maoist. Selain PLO, yang saat ini lebih dominan dalam memperjuangkan Palestina adalah dari kelompok saingannya, yakni Hamas, yang merupakan kelompok Islam Fundamentalis, yang dianggap teroris oleh beberapa Negara Eropa, Amerika, dan Jepang. Hamas sendiri terlibat persaingan politik, termasuk konflik peperangan dengan Fatah; dua kelompok berbasiskan Islam yang perang berebut pengaruh di Palestina. Berbeda dengan PLO yang lebih diplomatis, Hamas lebih โ€œberbicara dengan roketโ€. Banyak sumber mengutip bahwa roket yang ditembakkan oleh Hamas ke Israel jauh lebih banyak daripada roket yang ditembakkan Israel ke Jalur Gaza -di mana Hamas terkonsentrasi. Namun Israel memiliki senjata radar anti-roket, sehingga tak banyak roket yang mampu mencapai wilayah Israel. Kesimpulannya? Israel tak hanya berisi bangsa Yahudi, namun juga bangsa dan suku lain. Selain Yahudi, bangsa terbesar kedua di Israel adalah Arab, dan agama terbesar adalah Islam - kalau Judaisme tidak dianggap sebagai agama. Banyak kelompok muslim berperan besar dalam perjuangan mendirikan Negara Israel; dan banyak tokoh muslim yang terlibat dalam struktur kepemerintahan di Israel. Tak seluruh Palestina adalah warga muslim, perjuangan kemerdekaan Palestina merupakan perjuangan dari berbagai suku, ras dan agama dan aliran ideologi politik. Konflik Palestina-Israel adalah konflik politik dan perebutan wilayah, bukan konflik agama. []

  • fadillah17
    fadillah175 jam yang lalu

    Makanya ikuti aturan larangan mudik, larangan ziarah kubur dan larangan wisata biar serasi hehehe...

  • Ibnu Alif
    Ibnu Alif5 jam yang lalu

    Lekagak telenggen sdh jadi makanan cacing tanah.

  • Anas Nasrun
    Anas Nasrun5 jam yang lalu

    Halhamdulilah akhirnya satu/satu teroris papua modar.bravo TNI/ Polri.

  • Aryo Fiky
    Aryo Fiky5 jam yang lalu

    Mayat'y kasih anjing hutan z...

  • Sidik Sidikk
    Sidik Sidikk5 jam yang lalu

    Nenek tua,, kehadiran aparat di sana untuk menumpas pemberontak, pahammmmmm

  • Lidon Hutapea
    Lidon Hutapea5 jam yang lalu

    Semoga secepatnya semua kembali bergabung ke NKRI Sampai kapan mau dibodohi Propokator hidup enak nyaman di luar negeri Biarkan irian berkembang

  • Sby TV
    Sby TV6 jam yang lalu

    Walah kok mudah sekali dibunuh ya ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ Ya mungkin itulah kehebatan tni polri ...kalau sdh begerak.. Akan denhan mudah ..membasmi kkb yang hanya bergaya aja...๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ Paling hanya hitungan hari..mereka semua dapat dimusnahkan... Hebat tni polri....habis semua kkb opm...๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  • Alliot Casatama
    Alliot Casatama6 jam yang lalu

    Bukan KPK nya tapi parpolnya aja yg di bubarkan

  • Dandan Hamdany W
    Dandan Hamdany W6 jam yang lalu

    Mampus jg lu lesmin waker...mn keberanianmu..hny segitu..bravo Tni/Polri...smg sehat" dan selamat..

  • Hera Wijaya
    Hera Wijaya6 jam yang lalu

    WAHAI KAUM PALESTINA, SALAHKAN PEMIMPINMU YG MENGORBANKAN KALIAN DEMI AMBISI POLITIK BERBALUT AGAMA. KADRUN MMG GITU. MRK YG CARI GARAยฒ, TAPI MEREKA YG PLAYING VICTIM.

  • Juri Wilpa
    Juri Wilpa6 jam yang lalu

    Ada berita 4 penduduk Poso baru dibunuh?

  • Legowo
    Legowo6 jam yang lalu

    Realnya bukan segitu....sampai ratusan juta lho pak. Usut tuntas.

  • Ramadhani axf Chanel
    Ramadhani axf Chanel6 jam yang lalu

    Ini CGI

  • mustiq kurniawan
    mustiq kurniawan6 jam yang lalu

    MUDIK ADALAH PERJUANGAN...PERJUANGAN MELAWAN RINTANGAN YG MENGHALANGI DAN MEMUTUS TALI SILAHTURRAHMI. SELAMAT BERHARI RAYA SAUDARA2 SEIMANKU.. MANTAAP

  • MEDIA GROUP
    MEDIA GROUP6 jam yang lalu

    Selamat idul fitri...

  • PRAYOGI HADI SANTOSO
    PRAYOGI HADI SANTOSO6 jam yang lalu

    Kena heqdshot kah

  • Logika Dan Akal Sehat
    Logika Dan Akal Sehat6 jam yang lalu

    Mantap

  • zandal jepit
    zandal jepit7 jam yang lalu

    Habisi

  • Anang Susilo
    Anang Susilo7 jam yang lalu

    Lepaskan ibu ini ke hutan papua...sy ykin gak bs kembali dan komentar lg...

  • clemen clemen
    clemen clemen7 jam yang lalu

    hadeuh....gitu aja pake ditutup setelah viral......kan tinggal dibatasin saja pengunjung nya perhari berapa ratus / ribu...kan jumlah tiket bisa dibatasin dan dijual online....trus diawasin petugas dilapangan.....kasian masyarakat gk ada hiburan

  • zaenal arifin
    zaenal arifin7 jam yang lalu

    Suruh jgn mudik biar liburan nya ke ancol

  • zaenal arifin
    zaenal arifin7 jam yang lalu

    Itu antrian masuk udah kayak kendaraan mudik

  • BAYU WNT BAYU WNT
    BAYU WNT BAYU WNT7 jam yang lalu

    Semangatlah saodaraku palestina. Allahuakbar...allahhuakbarr.... allahhhhhuakbar semangaaaaaaaaaaaaaaaaaattttttttt

  • Denny Wardana
    Denny Wardana7 jam yang lalu

    Potong kepala untuk bukti keberhasilan TNI - POLRI memberantas teroris di papua

  • Asri Al Habsyi
    Asri Al Habsyi7 jam yang lalu

    Memang klu ngomong enak ya.... Mari lah ke sini ikut membantu diplomatik dgn KKB.... Agar tahu juga daerah di sini bagaimana...

  • Mochamad Arifin
    Mochamad Arifin8 jam yang lalu

    ๐Ÿ‡ต๐Ÿ‡ธ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ต๐Ÿ‡ธ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ต๐Ÿ‡ธ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ต๐Ÿ‡ธ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ INDONESIA STANDS WITH PALESTINE

  • Saatnya ngasah Golok tarang hau.
    Saatnya ngasah Golok tarang hau.8 jam yang lalu

    Semenjak NGANU. Masrakat selalu konflik di sosmed maupun di dunia nyata. Kapan nganu kelar.

  • Ridho Edo
    Ridho Edo8 jam yang lalu

    Aaamien smoga 2024.kelar

  • Sriyanto joko
    Sriyanto joko8 jam yang lalu

    Gubernur DKI kebanyakan konferensi pers..tindakan lapangan g kelihatan..a begini jadinya

  • MB 13 PIR - Gaming!
    MB 13 PIR - Gaming!8 jam yang lalu

    Ini yang buat rakyat males, awalยฒ masih berusaha menerima pas kemaren mudik okelah dilarang dan mencoba menerima gitu, tapi pas tau ancol buka dan pasang iklan di IDmilk ko apa pemerintah ga merasa malu dan ga enak gitu sama diri sendiri? Maksudnya peraturan kalian ga jelas dan ujungยฒnya bertentangan dengan apa yang kalian buat, orang lamaยฒ jadi males. Padahal kalo ngotak dikit siapa si yg suka diaturยฒ gerak gerik hidupnya? Dibatesin? Gaboleh kemanaยฒ? Sebenernya rakyat bisa terima tapi kalian bikin peraturan yang jelas dan tegas. Bukan sekedar larang ini tapi disisi lain boleh. Ujungยฒnya kalian jatuhin harga diri kalian sendiri sebagai pejabat dan rakyat males ngikutin. Kalo ga jelas gitu ujungnya cuma jadi ribut dilapangan dan jadi masalah baru.

  • ismail syarifudin
    ismail syarifudin8 jam yang lalu

    pemerintah memang cerdas, saking cerdasnya jd keblinger...

  • Leo van Julius
    Leo van Julius8 jam yang lalu

    Mrk memang tdk ada apa2nya sama sekali n amatiran.. bacot aja gede nantang2 pasukan ID.. cari itu cecunguk yg nantang2 n branguskan dia dgn pelor2 spy tau klo dia n lainnya cuma pecundang tikus utan !!

  • Samsudin Samsudin
    Samsudin Samsudin8 jam yang lalu

    Pemerintah udh ngaco..klu mudik di larang kalu temat wisata di buka sampe berkerumun begini...klu mau di larang larang semuah baru pemerintah tegas..ini tempat wisata di buka mudik di larang.. g bklan bisa mengobati rasa rindu sm org tua.udh 2 thn g bisa bertmu org tua gara2 m mudik di larang terus.

  • Saatnya ngasah Golok tarang hau.
    Saatnya ngasah Golok tarang hau.8 jam yang lalu

    Hahhahaha hayang seuri aing. Setelah pemudik nekat. Setelah di padati pengunjung. Setelah rakyat melawan. Kakarak sadar atau buang malu....

  • Fina Irfan
    Fina Irfan8 jam yang lalu

    bentuk kepintaran pemerintah kita๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ no mudik, no ziarah, no sholat Ied,,,,, wisata yes, WNA yes, yes ,.. yes ๐Ÿ‘๐Ÿ‘mantaps๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  • Ridho Edo
    Ridho Edo8 jam yang lalu

    Rezim zolim

  • Tities Wahyuni
    Tities Wahyuni8 jam yang lalu

    Berani gak ya pengelola TIJA ditangkap n dipenjara krn me langgar prokes???

  • Ismi Ana
    Ismi Ana8 jam yang lalu

    Mudik dilarang,mall dibuka,Ancol dibuka.... gubernur kafir masuk gereja... meresmikan gereja...padahal dulu se iman...wis angel angel

  • katel virshink
    katel virshink8 jam yang lalu

    mau pulkam ga boleh. gua rela ga pulkam, idul fitri di kota orang, gua nurut apa kata pemerintah yg ga boleh mudik tp stlah melihat video ini nyesek dada gua ajg

  • Ridho Edo
    Ridho Edo8 jam yang lalu

    Rezim zolim

  • DonBoru
    DonBoru8 jam yang lalu

    KUBURAN AJA DI TUTUP WISATA,MALL DI BOLEHIN

  • RANGGAREVA Official
    RANGGAREVA Official8 jam yang lalu

    GOBLOK GOBLOK GOBLOK JAYA. ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ

  • Syamsul Bahri
    Syamsul Bahri8 jam yang lalu

    Bingung

  • Nurfajri Ismail
    Nurfajri Ismail8 jam yang lalu

    Judulnya pengen ketawa hahahahaha..............

  • Sifa Husna
    Sifa Husna8 jam yang lalu

    Penguasa plin plan, mudik di larang..tempat hiburan di buka. Karepe ki piye...????

  • Ocha Awe
    Ocha Awe8 jam yang lalu

    Ya Allah, lihatlah kedunguan umatMU...๐Ÿ™

  • Ridho Edo
    Ridho Edo8 jam yang lalu

    Rezim zolim

  • Yola Anjani
    Yola Anjani8 jam yang lalu

    Klw gak viral mana ada yg mau tutup. Semua di larang wisata di buka. Situ waras. Covid apa bisnis hahahha.

  • Rahmadani Setiawan
    Rahmadani Setiawan8 jam yang lalu

    Harusnya, ada batas total pengunjung per hari nya. Jadi gak terlalu sesak.

  • mejadije
    mejadije8 jam yang lalu

    kenapa bisa mikir Ancol bakal sepi pas liburan ?

  • wina taqiyyah
    wina taqiyyah8 jam yang lalu

    Ya begitulah jika kebijakan satu dan lainnya Tdk sinkron alias ga konsisten, sudahlah ๐Ÿ™„

  • IMAMSR087
    IMAMSR0878 jam yang lalu

    Nah. Kan yg Di bodohin masyarakat juga.. Tali silaturrahi bersma kelurga dilarang.. NAAHHH INI.. APA KACAMATANYA PADA BUREM YAH.. Alasannya Karna Prokes MASKER TUH PASTI.. ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

  • Muhammad Munawar
    Muhammad Munawar8 jam yang lalu

    ini namanya umat islam sedang di miskinkan

  • Merry Kurniati
    Merry Kurniati8 jam yang lalu

    Prettt...ummat mulu...

  • Bibi Firmanda
    Bibi Firmanda8 jam yang lalu

    Satu kata buat peraturan pemerintah fack๐Ÿ–•๐Ÿป

  • pio samora
    pio samora8 jam yang lalu

    Aman yg penting ga mudik ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

  • Rosa Ria
    Rosa Ria8 jam yang lalu

    Mau seperti India ..kita lihat Minggu kedua... Covid naik lagi .

  • Ridho Edo
    Ridho Edo8 jam yang lalu

    Kg lah bro Indonesia... Mah aman

  • tomi eko
    tomi eko8 jam yang lalu

    Yang mau silaturahmi merayakan lebaran di larang..sedangkan tempat wisata di buka bebas...Lae Lae kebangetan

  • Ridho Edo
    Ridho Edo8 jam yang lalu

    Akibat dukung bipang

  • Badar Hatilah
    Badar Hatilah8 jam yang lalu

    Anjing baru x ini gw kasar di media sosial tempat makam di di tutup ancol di buka gubenur kafir keturunan Arab

  • Dicky pranata Official
    Dicky pranata Official8 jam yang lalu

    Mudik di larang,shalat ied di larang harus di rmh masing masing,berziarah di larang,tapi wisata di buka,mall bebas...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  • Ridho Edo
    Ridho Edo8 jam yang lalu

    Rezim bipang ๐Ÿ˜

  • imam syauki
    imam syauki8 jam yang lalu

    polisi kmna polisi,,,,, yg bgtu KERUMUNAN BKAN ?????

  • Ary Widos
    Ary Widos8 jam yang lalu

    Hahahahaha cuman di dki puncak aja tutup

  • Muhammad Munawar
    Muhammad Munawar8 jam yang lalu

    ziarah ke makam di larang tempat2 wisata dibuka salam akal sehat ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

  • desty ika
    desty ika8 jam yang lalu

    Lucunyaaaa๐Ÿ˜๐Ÿ˜

  • bruank Salju
    bruank Salju8 jam yang lalu

    Gara2 koped

  • Begeng Pin
    Begeng Pin8 jam yang lalu

    Aing rek mudik teu meunang reuk ziarah kamakam uyut aing teu meunang geuning eta jama kararumpul sok bae liet aingmah

  • George Lonan Thomas Pattuparambil
    George Lonan Thomas Pattuparambil8 jam yang lalu

    great!!! a good way to increase covid

  • faisal syauqi
    faisal syauqi8 jam yang lalu

    Masih kagak ikhlas banget,,,kemarenan terlantar di jalanan gara gara gak bisa mudik

  • Warni Yamin
    Warni Yamin8 jam yang lalu

    Gak jelas

  • faisal syauqi
    faisal syauqi8 jam yang lalu

    Lah

  • Mardi Azka
    Mardi Azka8 jam yang lalu

    Kenapa gak pada ditangkapi itu pelanggaran prokes kata jpu yg sidang HRS itu kejahatan Jpu yg ngomong ya mungkin otaknya kebakar jadi soax jpu nya nah Banyak pelanggaran prokes tiap hari bukan hanya di Ancol coba main ke PIK yg di ujung tol ada yg nama nya pasar Chinatown itu membludak orang disana blm yg lain nya Ada hukum tapi menghukum buat siapa ?

  • faisal syauqi
    faisal syauqi8 jam yang lalu

    Lah

  • faisal syauqi
    faisal syauqi8 jam yang lalu

    Lah

  • faisal syauqi
    faisal syauqi8 jam yang lalu

    Tai lah

  • Aris Budiyanto
    Aris Budiyanto8 jam yang lalu

    Hal yg lucu.. Wisata boleh mudik ora ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  • faisal syauqi
    faisal syauqi8 jam yang lalu

    Tai emang

  • faisal syauqi
    faisal syauqi8 jam yang lalu

    Emang tai

  • Nur Din
    Nur Din8 jam yang lalu

    Gara2 virus corona = color janda merana semua jadi blangsak

  • Yunita Sari
    Yunita Sari8 jam yang lalu

    Gila