Pradesain Istana Negara

Tahun lalu, Kementerian PUPR mengundang beberapa arsitek dan seniman untuk memberikan masukan dan gagasan mengenai bangunan ikonik di ibu kota negara yang baru.
Sejumlah usulan pun masuk. Salah satunya adalah pradesain Istana Negara karya seniman patung kenamaan Nyoman Nuarta ini. Usulan beliau sarat dengan filosofi lambang Burung Garuda sebagai pemersatu bangsa sesuai semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
Usulan ini, sekali lagi, masih pada tahap pradesain. Karena itu, saya sangat mengharapkan masukan dari bapak, ibu, dan saudara-saudara semua tentang pradesain Istana Negara ini. Saya menginginkan Istana Negara tidak hanya dikenang sebagai tempat Presiden bekerja atau menjadi simbol kebanggaan bangsa, tapi juga mencerminkan kemajuan bangsa.
Dengan masukan-masukan itu nantinya, saya akan mengundang kembali para arsitek dan para ahli lainnya untuk melakukan pengkayaan pradesain menjadi basic desain Istana Negara.

Komentar

  • JAC gaming
    JAC gaming7 menit yang lalu

    Pak :v sekalian buat toll internet :) jangan cuma toll jalan ;^ makasih

  • Om Ganteng
    Om Ganteng9 menit yang lalu

    Indonesia bisa lebih maju tanpa hutang..

  • โ€ข MUFttt
    โ€ข MUFttt54 menit yang lalu

    Bismillah 2024 pak Jokowi nyalon lagi Sama bossman Mardigu tentunya hehe

  • โ€ข MUFttt
    โ€ข MUFttt55 menit yang lalu

    Sepemikiran sama kata kata bossman Tempatnya kurang strategis dan rawan untuk sebuah istana negara

  • Tirza Sopahella
    Tirza Sopahella2 jam yang lalu

    Keren abis

  • Pul
    Pul2 jam yang lalu

    Aduh pak klo menurut ku kurang futuristik b aj si

  • Dewata Heritage
    Dewata Heritage3 jam yang lalu

    Bentar kok garudanya beda yah

  • Romi Hanif
    Romi Hanif4 jam yang lalu

    Inilah konsep ibukota baru yang futuristik dan bernuansa lingkungan hidup. Saya senang konsep ini. Semoga terwujud ya Pak Presiden!

  • Yande Sunandana
    Yande Sunandana5 jam yang lalu

    Master plan ibu kota negara secara umum menurut pendapat saya sudah sangat baik dgn konsep nagara rimba Nusa, cuma khusus utk pradesain istana negara hendaknya dipertimbangkan lagi komposisi penempatan massa bangunannya agar lebih teratur/formal , dan monumen Garuda itu sebaiknya terpisah dgn bangunan utama istana

  • MUHAMMAD IKRAM
    MUHAMMAD IKRAM6 jam yang lalu

    Desainnya bagus...tpi sia sia pak kalau warga masih menerapkan bumiku tempat sampahku

  • Rhirin Abuniyo
    Rhirin Abuniyo6 jam yang lalu

    Negara ini benar akan maju kalau pemimpinnya berpikiran maju .

  • Asyifa 05
    Asyifa 059 jam yang lalu

    Semoga dalam waktu dekat bisa tercapai#Indonesia maju Amin....

  • Katsume kiribate
    Katsume kiribate9 jam yang lalu

    Tetep dukung D'sign i Nyoman Nuarta buat para insinyur kalian emang bisa nge judge dia berarti kalian lebih jago dong kenapa gak sekalian aja kalian yg buat sendiri D'sign istana nya...

  • Nurul Handini
    Nurul Handini9 jam yang lalu

    Keren bgt, asri pemandangan y... ๐Ÿ‘๐Ÿป InsyaAllah...Mo pindah kesana klo ad rezeki, kembali ke tanah leluhur...๐Ÿค—

  • Giyani A Edu
    Giyani A Edu9 jam yang lalu

    Alhamdulillah bagus bngt pak ๐Ÿ˜Š

  • F-GAMING
    F-GAMING11 jam yang lalu

    Gak yakin bakalan kyk gini jadinya

  • D' Ren
    D' Ren13 jam yang lalu

    Pak Presiden, jangan lupa nanti fasilitas umumnya diperbanyak dan perbagus, hukumnya di perketat, dan lagi soal sampah. Ajak orang orang untuk memilah sampah. Tentunya pemerintahan sediain tempat daur ulang sampah yang banyak juga berfungsi. Kalo sampahnya ga diurus nanti ujungยฒ kaya Jakarta banyak sampah tapi ga ke urus yang ada rusak itu lingkungan. Sayang disana banyak hewan langka๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ

  • My sindesz
    My sindesz13 jam yang lalu

    Kapan mau di bangun??

  • Abdillah Arkenstaen
    Abdillah Arkenstaen15 jam yang lalu

    et dah ini kan udh di protes arsitek, masih ae di post. lagi banyak bgt dekorasi jakarta ae dekorasiny minim...

  • Friska Tri amelia
    Friska Tri amelia15 jam yang lalu

    Kalo ini sih sumpah keren banget, semoga terwujud pak Btw katanya banyak juga yg mengkritik desain ini, mungkin mereka mengkritik karena iri karena desain mereka tidak terpilih Saya sebagai warga negara yang baik dan ingin melihat indonesia lebih maju, apapun desainnya saya hanya bisa mendukung

  • Del_ Model
    Del_ Model21 jam yang lalu

    Amiiin

  • ferry setiawan harefa fery
    ferry setiawan harefa fery21 jam yang lalu

    kpan selesai nya ibu kota baru

  • fusca tosca
    fusca tosca21 jam yang lalu

    Saya berharap sebelum membangun ibu kota baru ..ada baiknya dipikirkan masalah sistem pembuangan air hujan seperti terowongan air bawah tanah terlebih dahulu..serta memikirkan masalah militer defense karna wilayahnya berdekatan dengan negara lain..trims bpk.jokowi ๐Ÿ™

  • SNIPER KRAMATWATU
    SNIPER KRAMATWATU22 jam yang lalu

    Proyek..proyek

  • Christoper Oslan
    Christoper Oslan23 jam yang lalu

    Bagus, mantul ..... tapi kalau tetep buang sampah sembarangan sama aja boong

  • dimassatri4
    dimassatri423 jam yang lalu

    semangat buat negeri ini lebih baik

  • S MDa
    S MDaHari Yang lalu

    Kereeeen eyyy... mau ngutang kemana indonesia nih hehe atau pajaknya mau di naikan... hehe salam hormat

  • Batari Buhari
    Batari BuhariHari Yang lalu

    ya Allah baru tau pak Jokowi punya yutub๐Ÿ˜ญ๐Ÿ‘

  • MFR Bridge
    MFR BridgeHari Yang lalu

    Blm bisa bayangin ntar banyak monyet, buaya dan ular disitu

  • Gw Raffi
    Gw RaffiHari Yang lalu

    Wow tidak primitif:v

  • Mpu Chanakya
    Mpu ChanakyaHari Yang lalu

    keren sih berapa ngabisin biayanya ya pak ?

  • Dafa Rizki Rosidin 7b 10 Maybe Boruto Dv
    Dafa Rizki Rosidin 7b 10 Maybe Boruto DvHari Yang lalu

    Mirip kota masa depan is coll

  • Sunaryo Prawirosusanto
    Sunaryo PrawirosusantoHari Yang lalu

    Sebaiknya belakang istana bukan patung burung.....akan tetapi sebaiknya bangunan gedung yang tinggi berbentuk kurva melengkung seperti tv LED yang berbentuk melengkung sehingga bisa digunakan untuk menampilkan visual misalkan pak jokowi pidato ...visualnya bisa ditampilkan di dinding gedung yang melengkung tersebut sehingga tampilan pak jokowi tinggi seperti raksasa dan seperti virtual reality 3 dimensi.......terserah pake teknologi panel LED yg dipasang didinding atau pake teknologi laser projektor.....lalu gedungnya berfungsi untuk kantor menteri sekertaris negara dan kantor para menteri koordinator..... Depan istana dibuat lapangan yang luas ....jadi bisa nonton pidato presiden secara drive thru alias nonton dari dalam mobil yang sedang parkir.

  • Geraldo Bagas
    Geraldo BagasHari Yang lalu

    Semoga nanti warganya dibiasakan jalan kaki drpd naik kendaraan bermotor. Boleh pakai kendaraan bermotor, tapi jangan sering2

  • Dewa Galaksi
    Dewa GalaksiHari Yang lalu

    Manusia manusia mending kalian buat perdamaian sama galaksi ku dulu gimana? Nanti aku bakal kasih teknologi dan senjata yg canggih dan galaksi ku juga dapat sumber daya dari kalian gimana?

  • LH Tooyaaa
    LH TooyaaaHari Yang lalu

    tahun 2020 selesai kayak nya

  • Mark Twain

    Mark Twain

    Hari Yang lalu

    engga, sampe tahun 2024 baru rampung, silahkan googling

  • ALI Rahmat
    ALI RahmatHari Yang lalu

    Seperti kota masa depan+canggih โค

  • Tukang kayu Chanel
    Tukang kayu ChanelHari Yang lalu

    Josh banget pakde... Lanjutkan

  • Wibu Sadulur
    Wibu Sadulur2 hari yang lalu

    Daripada membangun ibu kota baru mending urusin Jakarta yang tanahnya terus turun setiap tahunnya.Hampir Tenggelam! Save Our Jakarta

  • Azizi Tan
    Azizi Tan2 hari yang lalu

    JAWA : udud Karo kopi wis kogah dadi

  • MAR KONTOL
    MAR KONTOL2 hari yang lalu

    Wahh indah sekali klo gk ada TIKUS BERDASI nya

  • Generation 234
    Generation 2342 hari yang lalu

    siapa disini yang kangen kampung halaman โ˜๏ธ

  • Vanz 21
    Vanz 212 hari yang lalu

    Indonesia pas tahun 2077 pengganti cyber Pungky

  • Iyom Romaniah
    Iyom Romaniah2 hari yang lalu

    Yang dislike kenapa sih?

  • Rafy Haryoga
    Rafy Haryoga2 hari yang lalu

    semoga Gx dikorupsi ya pak

  • rara Saidin
    rara Saidin2 hari yang lalu

    Wah bagus pak alam dan pepohonan tetap diutamakan

  • Hariz Freeze
    Hariz Freeze2 hari yang lalu

    Ntarr dipinggir" sungai atau jalan, nanti ada yang jualan gerobak nanti juga, jadi tidak estetik lagi๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜€

  • Aris Saputra
    Aris Saputra2 hari yang lalu

    Mantaapp jadinya palingan klo aku dah tua ๐Ÿ™‚

  • Eric Raffi
    Eric Raffi2 hari yang lalu

    Udah istana di bogor jakarta aja jangan sok sok ke kalimantan

  • ziaul haq
    ziaul haq2 hari yang lalu

    Bagus sekali Pak President..., Mudah2an lancar, sukses, berkah...

  • Fauzan Zulfi
    Fauzan Zulfi2 hari yang lalu

    Semoga rakyat disana mendukung, desainnya dah bagus,semoga rakyat sana gak mbangun rumah kumuh di ibu kota baru, njelek2 i

  • The Prama Dhika
    The Prama Dhika2 hari yang lalu

    Klo burung garudanya dibuat patung aja yg besar lebih cocok. Ditempatkan di sejajar lurus istana. Gedung istana nya beda lagi.

  • Hobiku kie Dewi Chuby
    Hobiku kie Dewi Chuby2 hari yang lalu

    Luar biasa... Keren...semga cepat terealisasi

  • Lulu Zain
    Lulu Zain2 hari yang lalu

    Gak kebayang negara gw nanti bakalan se keren ini di masa depan

  • Lulu Zain
    Lulu Zain2 hari yang lalu

    Sumpah keren banget ok pak buat semoderen mungkin se keren mungkin

  • Kimun No Mercy
    Kimun No Mercy3 hari yang lalu

    Hoetank

  • yow
    yow3 hari yang lalu

    Pak coba sewa arsitek deh, biar desainnya ndak jelek.. Rasanya lambang garuda pun itu nggak tersimbolkan.. dan gedung yang melambangkan sesuatu itu bukan berarti secara mentah bentuknya disamain๐Ÿคฆ Saran aja, nggak mungkin didenger juga kan

  • Ferdhikaaudrey Ivanocalzha
    Ferdhikaaudrey Ivanocalzha3 hari yang lalu

    AKU INGIN PINDAH KE MEIKARTA

  • Dionisius Thomas
    Dionisius Thomas3 hari yang lalu

    Keren. Luar Biasa Pak Jokowi๐Ÿ‘

  • Nabila NurFitriya
    Nabila NurFitriya3 hari yang lalu

    Woaahhh Gilak cakep banget

  • Ananda Farhan
    Ananda Farhan3 hari yang lalu

    YNTKTS

  • Moldy Gabora
    Moldy Gabora3 hari yang lalu

    Yg unlike ada masalah apa sih , kurang apa lagi coba, itu keren bnget dah

  • StayTune
    StayTune3 hari yang lalu

    Desain istananya terlalu alay

  • StayTune

    StayTune

    3 hari yang lalu

    @Rindra Pratama setidaknya buat sederhana aja, itu istana potensi korupsinya besar

  • Rindra Pratama

    Rindra Pratama

    3 hari yang lalu

    Kaya lu

  • IMA
    IMA3 hari yang lalu

    Kok di Jakarta kgk adackayak gini dah, sedih aku tuh ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜‚

  • Prasandi Pinasthiko
    Prasandi Pinasthiko3 hari yang lalu

    keren bngt

  • Septianputra Ian
    Septianputra Ian3 hari yang lalu

    Pak ini cyberpunk 2077 ๐Ÿ˜Ž

  • Muhammad Siraj
    Muhammad Siraj3 hari yang lalu

    mudah2an sesuai expektasi

  • Ronauli Manurung
    Ronauli Manurung3 hari yang lalu

    Indonesia ku keren bangetttt ๐Ÿ‘๐Ÿ‘ indonesia maju, Jaya, SDM tinggi, SDA tinggi Presiden nya kerennnn So proud of you bapak jokowi dan Indonesia ๐Ÿ˜๐Ÿ˜Ž

  • Prem Man
    Prem Man3 hari yang lalu

    semua presiden sebelum Jokowi apa kerjanya?

  • Maria Rms
    Maria Rms3 hari yang lalu

    Wow.. Kehijauan mendepani segala galanya.. so good.

  • Maria Rms
    Maria Rms3 hari yang lalu

    Element kehijauan alam semula jadi di terapkan, di titik beratkan.. Nice..

  • Maria Rms
    Maria Rms3 hari yang lalu

    Wow... Daebak.

  • Zeta Skyline
    Zeta Skyline3 hari yang lalu

    Lanjutkan pak, sudah saat nya kepala burung Garuda menoleh ke arah depan. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  • MAESTRO studio
    MAESTRO studio3 hari yang lalu

    Pengguna sofware LUMION tersenyum melihat ini..

  • ๊ง‹๊ฆซ๊ฆ๊ง€๊ฆช๊ฆ ๊ง€๊ฆฉ๊ฆ—๊ฆฅ๊ฆฒ๊ฆถ๊ฆ ๊ง€๊ง‰
    ๊ง‹๊ฆซ๊ฆ๊ง€๊ฆช๊ฆ ๊ง€๊ฆฉ๊ฆ—๊ฆฅ๊ฆฒ๊ฆถ๊ฆ ๊ง€๊ง‰3 hari yang lalu

    Pakai teknologi secanggih mungkin pak, pokoknya serba teknologi canggih Dan aturan di sana harus pakai kendaraan listrik, demi menjaga udara dan pandangan kurang jernih (seperti berkabut)

  • Pijat Sehat Pria Cileungsi Bogor
    Pijat Sehat Pria Cileungsi Bogor3 hari yang lalu

    MANTAP ! Bagus bangett !!!

  • Jair Bolsonaro
    Jair Bolsonaro3 hari yang lalu

    Entah gw doang atau emang ada yang merasa desain istana presiden nya ketinggalan zaman GK mencerminkan kemajuan bangsa di era digital

  • G BNY
    G BNY3 hari yang lalu

    Bakalan mangkrak

  • Hilmi
    Hilmi3 hari yang lalu

    Gmn bau hoetank:v

  • Don Black Rose
    Don Black Rose3 hari yang lalu

    Tempat tinggal orang kaya, hiya hiya hiya

  • altamis_7
    altamis_73 hari yang lalu

    Semoga Indonesia bisa menjadi negara maju,aminn

  • Sabrina Azzahra
    Sabrina Azzahra3 hari yang lalu

    Penuh kaca

  • 19O5O2O5O_Alicia_ Lim
    19O5O2O5O_Alicia_ Lim3 hari yang lalu

    bagus bangetttt๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

  • Totoro
    Totoro4 hari yang lalu

    Mohon maaf sebelum nya.. Rancangan arsitek gedung pemerintah ( ISTANA / DPR ) kurang bagus & fengshui nya ga bagus..

  • Rindra Pratama

    Rindra Pratama

    3 hari yang lalu

    Emg lu bisa bikin? Hargai dong ๐Ÿ˜

  • Andre Aski
    Andre Aski4 hari yang lalu

    Pak saya lihat berita ada remaja yg memasukan surat ke mobil presiden kenapa bisa pak?emang Paspamresnya kemana kok bisa"nya bisa lolos memasukan barang ke mobil? Itu sangat bahaya, bagaimana jika ternyata itu yg melakukan orang jahat, dan yg di masukan itu bom apa gak sangat bahaya? Tolonglaah pak jendelahnya di tutup stidaknya membuat aman jika terjadi hal" tidak di inginkan jika mau menitip surat saya rasa bisa memalui mobil yg lain bukan langsung mobil RI1 karna sangat berbahaya pak

  • Andre Aski
    Andre Aski4 hari yang lalu

    Pak saya lihat berita ada remaja yg memasukan surat ke mobil presiden kenapa bisa pak?emang Paspamresnya kemana kok bisa"nya bisa lolos memasukan barang ke mobil? Itu sangat bahaya, bagaimana jika ternyata itu yg melakukan orang jahat, dan yg di masukan itu bom apa gak sangat bahaya? Tolonglaah pak jendelahnya di tutup stidaknya membuat aman jika terjadi hal" tidak di inginkan jika mau menitip surat saya rasa bisa memalui mobil yg lain bukan langsung mobil RI1 karna sangat berbahaya pak

  • Andre Aski
    Andre Aski4 hari yang lalu

    Pak saya lihat berita ada remaja yg memasukan surat ke mobil presiden kenapa bisa pak?emang Paspamresnya kemana kok bisa"nya bisa lolos memasukan barang ke mobil? Itu sangat bahaya, bagaimana jika ternyata itu yg melakukan orang jahat, dan yg di masukan itu bom apa gak sangat bahaya? Tolonglaah pak jendelahnya di tutup stidaknya membuat aman jika terjadi hal" tidak di inginkan jika mau menitip surat saya rasa bisa memalui mobil yg lain bukan langsung mobil RI1 karna sangat berbahaya pak

  • Alvin Ceng
    Alvin Ceng4 hari yang lalu

    Indonesia X Wakanda

  • Animeside
    Animeside4 hari yang lalu

    Desain kotanya bagus bgt, tetapi kalau desain Istana Negaranya. Enggak deh, keliatan kaku dan monoton gak cocok ama design kotanya. Kalau nanti disandingkan dg design kota malah keliatan kuno sendiri.

  • Sandi Kurniawan
    Sandi Kurniawan4 hari yang lalu

    Kalau kayak gitu jadi nggak serasa di Indonesia lagi soalnya itu mewah banget

  • Sandi Kurniawan
    Sandi Kurniawan4 hari yang lalu

    Waaaaaaaw mantap sekali

  • Mikhail ืžื™ื›ืื™ืœ
    Mikhail ืžื™ื›ืื™ืœ4 hari yang lalu

    Tolong Pak Jokowi agar pusat perbelanjaan atau cafe jangan sampe ada dalam raidus 50km. Cukup sediakan kantin pake cctv aja. Supaya nantinya staff ASN ga bolos dan fokus kerja.

  • Mustopa Junior
    Mustopa Junior4 hari yang lalu

    Baguss banget pak nuansa alamnya masih ada

  • Isnan Ahsanul A
    Isnan Ahsanul A4 hari yang lalu

    Tinggal rakyat nya aja

  • Cinta Pohonku
    Cinta Pohonku4 hari yang lalu

    Semoga senantiasa dilancarkan ๐Ÿ™

  • bim1
    bim14 hari yang lalu

    pak jokowi reaction vidio nya ecko show๐Ÿ™

  • Wildan Ardiansyah
    Wildan Ardiansyah4 hari yang lalu

    Kyk the sim city Keren

  • Lintang _
    Lintang _4 hari yang lalu

    Yg kutakutkan adalah adanya pendatang dari daerah lain secara besar-besaran, takutnya nanti krna gak sukses di ibukota baru malah jdi kriminal. Yg sya rasakan selama ini Kalimantan rendah tingkat kriminal

  • Ihsan Kamil

    Ihsan Kamil

    4 hari yang lalu

    tapi kebanyakan kasus kriminal disini kebanyakan orang luar (jakarta/jabar) yg mau cari kerja disni tp gk mampu bersaing akhirnya nganggur dan jadi kriminal.

  • Yuptra
    Yuptra4 hari yang lalu

    Hah gmna mau maju uang negara aja habis dimakan tikus:v,

  • hilihkhintil
    hilihkhintil4 hari yang lalu

    semoga terwujud, karena negara barat saja cuma mampu diwujudkan di film black panther

Berikutnya