Kesaksian Warga Sekitar Saat Terjadi Ledakan Kilang Minyak Pertamina Balongan

INDRAMAYU, KOMPAS.TV - Seorang warga bernama Usi, menceritakan kronologi saat terjadinya ledakan di kilang minyak milik PT Pertamina Refinery Unit (RU) VI Balongan,

Usi merupakan warga Desa balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Ia bersama keluarganya mengungsi ke Pendopo Kabupaten Indramayu.

Usi mengaku sudah mencium aroma minyak dari dua hari sebelum kejadian. Ia juga mendengar suara gemuruh diduga petir, karena pada saat kejadian sedang hujan gerimis.

"Sekitar jam satu ya. Biasa sih mbak, dari dua hari sebelumnya emang udah ada bau-bau ya. Bau-bau seperti limbah. Terus jam satu tuh kaya ada gemuruh tapi emang disertai kaya ada petir sih. Pas saat itu kan ada gerimisnya juga, jadi kita gak ngira itu bakal ada ledakan," ujar Usi.

Usi menambahkan, dirinya mendengar ada tiga kali ledakan, tapi tidak menyangka ledakan tersebut berasal dari kilang minyak Pertamina. Ia bersama keluarganya lalu keluar rumah.

"Jadi ada tiga ledakan. Yang pertama itu gak kepikir kalo itu tuh ledakan. Ya terus kita langsung aja keluar. Ledakannya tuh seperti gempa cuma bunyinya gede banget sampai rumah tuh guncang. Ya kita lari aja keluar, gedor-gedor sama orang, ayo evakuasi-evakuasi gitu," lanjut Usi.

Video Editor: Lisa Nurjannah

Komentar

  • Meriyana Trisnawati
    Meriyana TrisnawatiBulan Yang lalu

    Kalo sama petir berrti bkn sama teroris donk ya??.. ha..ha..ha...

  • fitri kodok
    fitri kodokBulan Yang lalu

    Itu baru ledakan minyak Gmna kalo kiamat past LBH nakutin

  • rino wengi
    rino wengiBulan Yang lalu

    Sebelum tersambar petir udah terjadi kebocoran.

  • Monana Gamer
    Monana GamerBulan Yang lalu

    Singg Bneeerrr gahhh

  • Pelayan Warteg
    Pelayan WartegBulan Yang lalu

    Karena petir kah? Kok agak gimana ya

  • Putra Anggara
    Putra AnggaraBulan Yang lalu

    gemuruh + petir + ledakan , wibu be like : anjirr ada titan kolosal

  • Johan Purba
    Johan PurbaBulan Yang lalu

    Bongkar kejahatan kemungkinan terjadi dikilang balongan Indramayu Jawa barat bisa Jadi ada yg sengaja membakar.

  • Apdanil Muhima
    Apdanil MuhimaBulan Yang lalu

    Gara2 kjdian ini aku takut dekat2 pom bensin😬sllu beli eceran aja,

  • fatality_academik
    fatality_academikBulan Yang lalu

    Udah seperti bom atom aja dh

  • Yohannes Joshua
    Yohannes JoshuaBulan Yang lalu

    Ngeri amat ya standar safetynya pertamina, skrg di bojonegoro pula JTB project

  • muhammad sawuri
    muhammad sawuriBulan Yang lalu

    Pertanyaanya siapa yg tnggung jawab atas masalah ini sebab rakyat jg di rugikan

  • sword
    swordBulan Yang lalu

    Jgn2 sdh direncanakan. Lumayan, para mafia bisa kebagian proyek lagi. Rezim penuh rekayasa.

  • Gilang Rianda Putra
    Gilang Rianda PutraBulan Yang lalu

    Tolong yaaa Mas/Mba yang ada dikolom komen, jangan pandai pandai membuat cerita tentang penyebab kebakaran kilang minyak, karena pihak pertamina belum tahu pasti penyebabnya apa, jadi ketikannya dijaga, jangan sampe menyebarkan berita hoax. Terima kasih🙏

  • siti musarofah
    siti musarofahBulan Yang lalu

    ya Allah....

  • Dadang Suanda
    Dadang SuandaBulan Yang lalu

    Nnb

  • syafna iim
    syafna iimBulan Yang lalu

    Apa itu kilangnya kena korona??? sehingga konslet lalu tersambar petir lalu kobong mbledoss.؟؟؟

  • Muhammad Dayat
    Muhammad DayatBulan Yang lalu

    Inget HRS yg di tahan

  • Muhammad Marvel
    Muhammad MarvelBulan Yang lalu

    Bukan karna akibat slot kah😆

  • Andi Wijaya
    Andi WijayaBulan Yang lalu

    Brapa duit tu hilang.. 🤣🤣🤣

  • Caskadi
    CaskadiBulan Yang lalu

    Au ah gede banget🤣

  • alisah rahamadina
    alisah rahamadinaBulan Yang lalu

    saya dari indrmyu tetangga kampung balongan krasa bnget apa lgi yg deket

  • jack sparrow
    jack sparrowBulan Yang lalu

    Mungkin akibat puntung rokok...?

  • mamae dicky

    mamae dicky

    Bulan Yang lalu

    di sambar petir

  • Akahige RJ
    Akahige RJBulan Yang lalu

    Kilang minyak terbesar di asia.. Tp mahal di negeri sendiri,kok bisa ya?

  • Tommy Ricky

    Tommy Ricky

    Bulan Yang lalu

    @Akahige RJ titid lo pendek bos

  • Akahige RJ

    Akahige RJ

    Bulan Yang lalu

    Napa jadi panjang om?

  • Jey Key

    Jey Key

    Bulan Yang lalu

    Penduduk kita banyak!! Gausa Samain sama negara Asia tenggara lainya, lagian harga segini Udh Cocok lah tuh,gak mahal² bgt, bersyukurr aja lah, gimana lagi org² papua yg mungkin lebih Mahal dri kita, Syukuri aja makanya!, Pemerintah Pasti berusaha yg terbaik buat rakyat&negara,buat kedadilan sosial semua harga BBm sama di selurh daerah, apalagi negara Kita negara kepulawan jdi mesti ada biyaya tambahan utk memasok,mengirim,bbm ke selurh Indonesia,Tinggal pikiran kita bersihin aja,postif aja lah

  • budi santoso
    budi santosoBulan Yang lalu

    Coba tanya ahox

  • Surya Mulyana
    Surya MulyanaBulan Yang lalu

    Bumn emang selalu merugikan negara...laporan taunannya selalu rugi, proyeknya banyak yang bangkrut..mendingan di hapus tuh bumn

  • Hanif Majid

    Hanif Majid

    Bulan Yang lalu

    Saya setuju pengelola harus bertanggung jawab. Biarpun ini tidak disengaja juga tetap harus bertanggung jawab karena ini menimbulkan korban jiwa. Minimal harus ada permintaan maaf dan belasungkawa bagi korban

  • Adib Husaini

    Adib Husaini

    Bulan Yang lalu

    asal ngomong tanpa data.

  • Mrs. Xoxo

    Mrs. Xoxo

    Bulan Yang lalu

    Jujur sih gaterima bgt baca ini. Suami saya pegawai pertamina yg bertugas dikapal. Suami gapulang2 berbulan bulan cuma untuk ngirim minyak dan gas sampe ke pelosok indonesia supaya semua dpt asupan minyak dan gas dengan harga yang sama. semua org kerja kaya kuda terus dibilang merugikan?😂 Hadehhh pakkkk.... Apa yang udah bisa bapa hasilkan untuk negara tercinta pak?

  • Umi Khasanah

    Umi Khasanah

    Bulan Yang lalu

    bapak udah ngasih keuntungan apa buat negara ?? jelasin pak yuk jelasin..

  • ʙɪᴍᴀ sᴀᴋᴛɪ

    ʙɪᴍᴀ sᴀᴋᴛɪ

    Bulan Yang lalu

    @Surya Mulyana pengelolaan yg buruk? Ga nguntungin negara? itu teori dari mana ya? Kalo hanya sekedar penilaian individu siap pertanggung jawabkan?

  • David Silalahi
    David SilalahiBulan Yang lalu

    Kok subuh subuh ya ke bakaran nya ? Semoga tidak ada sobotase ya ... semangat buat kepimpinan pak ahok ke depan nya dalam memimpin Pertamina di balik musibah pasti ada berkah

  • Roma don

    Roma don

    Bulan Yang lalu

    Tergantung, musibah ujian atau musibah hukuman..

  • david hutahaean
    david hutahaeanBulan Yang lalu

    Ini ledakannya bukan krna ada bom bunuh dirikan ?

  • Reza 92

    Reza 92

    Bulan Yang lalu

    Kemungkinan sih ga ya soalnya di video ini di bilang hari sebelum ny udah ad bau bau

  • piece all the world mix global
    piece all the world mix globalBulan Yang lalu

    Asal jangan hati istri simpanan aja yang terbakar indra mayu /mata ayu..

  • Gilang Rianda Putra

    Gilang Rianda Putra

    Bulan Yang lalu

    Maksudnya indramayu/mata ayu apa yaa?? Saya tidak mengerti

  • Erna wati
    Erna watiBulan Yang lalu

    Wow besar sekali nih

  • Tin Ton
    Tin TonBulan Yang lalu

    Semoga aja ga ada hubungannya ama pencurian solar 21 ton kemarin..

  • mpye
    mpyeBulan Yang lalu

    Kecelakaan kerja/kesalahan maintanance?

  • harto law
    harto lawBulan Yang lalu

    Inilah keberkahan diangkatnya dirut pertamina yg sangat cakap dan pandai

  • ʙɪᴍᴀ sᴀᴋᴛɪ

    ʙɪᴍᴀ sᴀᴋᴛɪ

    Bulan Yang lalu

    Hah? otak ada otak? dipake otak? Musibah seperti ini di luar kendali mereka! mau itu dirut, mau itu direksi, mau itu para pekerja staff disana.. kalo mau sebut ada kelalaian atau tidak juga kan nanti ada hasil dr penyelidikan.

  • Celine Saputri

    Celine Saputri

    Bulan Yang lalu

    apa msalah nya gblok wkwkwk emang klo komen ga ngotak

  • Elis27

    Elis27

    Bulan Yang lalu

    Apa hubungan nya dengan pengankatan dirut, kejadian sprti ini diluar negri juga sering terjdi. Bahkan dimalaysia udah tiga kali kejadian sprti. Ada musibah negara bukn nya ikut sedih, tp mlah nyinyir..

  • Sar Kawi
    Sar KawiBulan Yang lalu

    Ne semua gara gara valir ... Mau ulty aj

  • Fainter Kome
    Fainter KomeBulan Yang lalu

    Ya Allah

  • naftali aldi
    naftali aldiBulan Yang lalu

    ANEH GAK SIH KEJADIAN LEDAKAN KEBAKARAN BERBARENGAN ? ADA YANG SADAR GAK ???

  • omyoan

    omyoan

    Bulan Yang lalu

    ngakak

  • ʙɪᴍᴀ sᴀᴋᴛɪ

    ʙɪᴍᴀ sᴀᴋᴛɪ

    Bulan Yang lalu

    Spekulasi berdasarkan logika masih bisa di pertimbangkan, lah ini spekulasi berdasarkan teori konspirasi, segala bawa" elite global🤣dr dasar nya aja udah abu abu ..

  • naftali aldi

    naftali aldi

    Bulan Yang lalu

    @GLPro Production kalau kesambar petir logika nya akan banyak korban jiwa bro ... tapi yang bingung kenapa ga ada korban jiwa ... padahal kebakaran disebabkan sambaran / percikan api kan langsung membesar ...

  • GLPro Production

    GLPro Production

    Bulan Yang lalu

    @naftali aldi kalo waktu itu, kata si mbak nya kan sedang hujan petir, bisa ajakan kesamber petir tuh kilang minyak nya, trus meledak🤔

  • naftali aldi

    naftali aldi

    Bulan Yang lalu

    @GLPro Production iya bro ini kan hanya spekulasi ...

  • joko blarah
    joko blarahBulan Yang lalu

    Ekonomi terpuruk di tambah banyak musibah..ya Allah Indonesiaku 🇲🇨jd amburadul.

  • joko blarah

    joko blarah

    Bulan Yang lalu

    @Soku Group cari' dukungan..Hhhh

  • joko blarah

    joko blarah

    Bulan Yang lalu

    @Shannen Official Indramayu tp kira" ada yng rusak gk..ada korban jiwa atau pekerjaanmu terganggu..intinya berpengaruh tdk terhadap kelangsungan hidupmu..oh ya sy tambahkan sedikit, menerima bantuan bukan karena kilang minyak saja..td kamu nyebut" masa anda yng menerima bantuan..alkhamdulillah sy selama ini belum pernah jadi beban negara, dngn segala macam bantuan"nya dan alkhamdulillah sdh berkecukupan. # menerima bantuan kok bangga..Hhhh

  • Soku Group

    Soku Group

    Bulan Yang lalu

    @Shannen Official Indramayu 😀😀😀 betul mbk/ mas @joko blarah ngawur hahha

  • Wawan Bonkaz

    Wawan Bonkaz

    Bulan Yang lalu

    @Shannen Official Indramayu iya hahahhaah

  • Shannen Official Indramayu

    Shannen Official Indramayu

    Bulan Yang lalu

    @Soku Group @joko blarah ini oon nya sebrutu brutu jare wong dermayu mah😀😀😀

  • ANGGA K23
    ANGGA K23Bulan Yang lalu

    Asli abis ini bbm akan naik

  • Apip Ndk

    Apip Ndk

    Bulan Yang lalu

    Pasti klw udah naik, entar giliran pada demo, salahin pemerintah

  • GLPro Production

    GLPro Production

    Bulan Yang lalu

    Lah emang udah waktu ya, mau lebaran apa" naik

  • Nabil Qiszulfian
    Nabil QiszulfianBulan Yang lalu

    Ini mba rusi.. Syukur Alhmdllh gpp ya allah

  • Suhendra Suhendra
    Suhendra SuhendraBulan Yang lalu

    Ada politik kah. Apa sabotas. Di sengaja atau tdk. Maklum syh rakyat miskin.

  • Jey Key

    Jey Key

    Bulan Yang lalu

    Positive thinking aja jgn Gampang kena hoaxs

  • yadi supriyadi
    yadi supriyadiBulan Yang lalu

    hai orang munafik pulang sana ke laknatuloh yahudi bangsa Israel. diam di indonesia bisanya bikin kekacauan di negara nya sendiri

  • Siti Maryam
    Siti MaryamBulan Yang lalu

    Rugiee lagiiee ini, bumn, waduh ydah jatuh ketiimpa tangga pulee , Ya Salammm

  • Gilang Rianda Putra

    Gilang Rianda Putra

    Bulan Yang lalu

    Ada musibah malah nyinyir, situ disekolahin gak sih mbak??

  • ʙɪᴍᴀ sᴀᴋᴛɪ

    ʙɪᴍᴀ sᴀᴋᴛɪ

    Bulan Yang lalu

    Di kasih nama bagus siti maryam, kelakuan udah kaya lucifer lu

  • Elis27

    Elis27

    Bulan Yang lalu

    Parah..ada musibah bukan ikut berduka, tp mlh nyinyir.

  • Bagiyo Bagiyo

    Bagiyo Bagiyo

    Bulan Yang lalu

    Kelewatan ada musibah malah nyinyir

  • GARUDA INDONESIA
    GARUDA INDONESIABulan Yang lalu

    moga pada sehat gk da korban..dan segera bisa segera ketemu penyebabnya...dan apa bila ada oknum yg sengaja moga segera terungkap...

  • crmbsociety 161
    crmbsociety 161Bulan Yang lalu

    operatornya ngantuk & bobok lupa nutup sampling point

  • Ajii Joyja
    Ajii JoyjaBulan Yang lalu

    Ngelihat api segede itu jd inget dosa² dan gak kebayang api neraka segede apa 😬😬😬

  • Luqman DarkShadow

    Luqman DarkShadow

    Bulan Yang lalu

    @piece all the world mix global 😭😭😭😎🙏🙏🙏🤔

  • Hanif Majid

    Hanif Majid

    Bulan Yang lalu

    Mulai dari hapus vpn bro wkwkwk

  • syafna iim

    syafna iim

    Bulan Yang lalu

    Segede kutu

  • Ajii Joyja

    Ajii Joyja

    Bulan Yang lalu

    @Muhamad Rifky 🤣🤣🤣

  • Muhamad Rifky

    Muhamad Rifky

    Bulan Yang lalu

    Lu nonton bokep mulu sih

  • satria duta
    satria dutaBulan Yang lalu

    banyak mafia nya iblis2 kantor

  • satria duta

    satria duta

    Bulan Yang lalu

    @fandy realemo ya banyak jg mafia nya

  • fandy realemo

    fandy realemo

    Bulan Yang lalu

    itu kena samberan petir...hati2 kalau bicara

  • ZaWo 01
    ZaWo 01Bulan Yang lalu

    BoBoiBoy vs avatar sampai membuat kebakaran Canda Semoga tidak terjadi lagi

  • Ikhwan Sodikin
    Ikhwan SodikinBulan Yang lalu

    Wih seperti nya si x - borg pake ultimate sembarangan nah ini akibatnya kalau buta map🤣

  • Ayam Jago

    Ayam Jago

    Bulan Yang lalu

    Valir,,, ngamuk tuh... Ga da yg jaga tuh base nya

  • Agus Salim

    Agus Salim

    Bulan Yang lalu

    @Dicky AL28 ujung-ujungnya odete barengan ama minotaur wkwk

  • Dicky AL28

    Dicky AL28

    Bulan Yang lalu

    @Agus Salim kasian oddet dah nunggu sambil ngopi

  • Agus Salim

    Agus Salim

    Bulan Yang lalu

    @Dicky AL28 jhonson nya combo sama X-Borg.

  • Dicky AL28

    Dicky AL28

    Bulan Yang lalu

    Jhonson lagi skill 2 nih nosnya nyamber Pertamina

  • Herry Suryawan
    Herry SuryawanBulan Yang lalu

    Sudah banyak kita ketahui dibanding dengan persh oil & gas lainnya... Pertamina safety nya buruk manajemennya. sdh banyak kejadian sebelumnya seperti kilang cilacap, depo plumpang dan lain2. standard equipment dan proteksinya maaf dibawah persyaratan persh dgn status high risk. Brantas habis tikus2 agar pertamina jadi BUMN yg aman dan sehat. Jadikan ini accident yang terakhir. Sangat disayangkan klo aset2 yang begitu mahal itu musnah. Belum lagi klo ada korban. Salam HSE.

  • Hanif Majid

    Hanif Majid

    Bulan Yang lalu

    Gimana mau sehat atasannya diambil dari sohibnya *uhuk* ahok *uhuk*

  • INTERT AIMENT

    INTERT AIMENT

    Bulan Yang lalu

    Bro pertamina udah 2 kali meledak dulu cuma Satu skrng 3

  • HSERJ
    HSERJBulan Yang lalu

    Mari kita sama"berdoa agar kasus"seperti ledakan, pesawat jatuh dll itu adalah kasus yang terakhir di Indonesia,,cepat sembuh Indonesia ku🙏

  • Bagiyo Bagiyo

    Bagiyo Bagiyo

    Bulan Yang lalu

    Amin

  • Siti Aminah

    Siti Aminah

    Bulan Yang lalu

    Aamiin

  • CADI Cyber Anti Dongok Indonesia
    CADI Cyber Anti Dongok IndonesiaBulan Yang lalu

    Ledakan segede gini jangan kertas besi aja meleleh 🙄🙄🙄

  • Yu'KH

    Yu'KH

    Bulan Yang lalu

    Kalo ayam...?

  • feri02 gaming
    feri02 gamingBulan Yang lalu

    Sekarang, itu udah padam blm 😊

  • siti sumiri

    siti sumiri

    Bulan Yang lalu

    Blm kok sampe sekarang asapnya Mash ngepul..

  • Siti Aminah

    Siti Aminah

    Bulan Yang lalu

    Alhamdulillah klo udah padam

  • Galih Risdyanto

    Galih Risdyanto

    Bulan Yang lalu

    Sudah mas feri

  • Munawar Muso
    Munawar MusoBulan Yang lalu

    Fixs bertholdt ngulti

  • Aulia Tanzil
    Aulia TanzilBulan Yang lalu

    ITU ADA TUKANG MEROKOK,BUANG PUNTUNG TERUS KEBAKARAN!! KAYA DI GEDUNG KEJAKSAAN KASUS JOKO CANDRA KMRN 😁😁😉👍

  • GLPro Production

    GLPro Production

    Bulan Yang lalu

    Kena petir kah?

  • kangyassir

    kangyassir

    Bulan Yang lalu

    Kalo yang ini bntar lagi ada yg bakal marah2 atasan ke bawahan...hahaa

  • CADI Cyber Anti Dongok Indonesia

    CADI Cyber Anti Dongok Indonesia

    Bulan Yang lalu

    🤣🤣🤣 iye iye bang kalo ngomong suka bener 🤣

  • Cah'e Ndeso
    Cah'e NdesoBulan Yang lalu

    😆😅😆😅😆😅😆😅😆...kyknya sebelumnya blm lama ada kasus di Pertamina..🤔 sekarang meledak..🤔😥

  • Pasukan bengkon2

    Pasukan bengkon2

    Bulan Yang lalu

    @Syed Alaydrus Ayok tangkap petir nya ok

  • Pasukan bengkon2

    Pasukan bengkon2

    Bulan Yang lalu

    @Syed Alaydrus iya terorisnya petir

  • Cah'e Ndeso

    Cah'e Ndeso

    Bulan Yang lalu

    @sufian sauri maklum..safety first itu nomer 5 atau 10.. yg penting Proyek jalan.. mafia pipa bbm mulus.

  • Cah'e Ndeso

    Cah'e Ndeso

    Bulan Yang lalu

    @Syed Alaydrus betull negara ini slalu sibuk dgn teroris. Sehingga lupa teroris didalam keperintahan smp berakar..

  • sufian sauri

    sufian sauri

    Bulan Yang lalu

    2 tahun lalu juga ada kalii, tapi gak sebesar ini

  • Ika Widya
    Ika WidyaBulan Yang lalu

    Q

Berikutnya