Covid-19 di India: Kuburan dangkal di Sungai Gangga mengancam 400 juta orang - BBC News Indonesia

Pandemi Covid-19 berpotensi memperburuk masalah pencemaran di sungai Gangga, India, yang menjadi sumber penghidupan bagi jutaan orang.

Selama pandemi yang telah berkembang menjadi krisis di India dan menewaskan ratusan ribu jiwa, banyak warga memakamkan kerabat mereka di kuburan-kuburan dangkal di tepi Sungai Gangga di Prayagraj, negara bagian Uttar Pradesh.

Namun ada kekhawatiran bahwa pada musim hujan, kuburan-kuburan tersebut akan membahayakan kesehatan warga dan menciptakan masalah lingkungan yang serius.

Sebelum krisis terbaru ini, Gangga sudah menjadi salah satu sungai paling tercemar di dunia.

Sekitar tiga miliar liter limbah mengalir ke sungai tersebut setiap hari.

Kendati demikian, lebih dari 400 juta orang bergantung pada Sungai Gangga untuk mata pencaharian mereka.

"Tanpa Sungai Gangga, percayalah, negeri ini akan hancur," kata Gopal Tyagi, seorang pendeta Hindu.

============
Berlangganan channel ini di: bit.ly/2Mkg9hY
Instagram: bbcindonesia
Twitter: BBCIndonesia
Facebook: BBCNewsIndon...

Komentar

  • maya maya
    maya maya2 jam yang lalu

    😅🤣🤮🤮

  • Ilham faturohman
    Ilham faturohman10 jam yang lalu

    Indonesia dapat budaya jorok dari india

  • siti rahmiati
    siti rahmiati10 jam yang lalu

    Bisa kn membuat kuburan Masal seperti yg dibuat di negara Italy digali tanah yg cukup dalam dan besar sekali dan melakukan pembersihan masal diseluruh area sungai gangga san seluruhnya. Air kn juga mengalir kesamudra dan juga akan menjadikan penyakit keseluruh dunia. Bisakah ada bantuan dr dunia untuk negara India terkait mencemaran sungai gangga di India.

  • Tegu Saputra
    Tegu Saputra12 jam yang lalu

    Pakai lah akal sehat!!!

  • Lea Ard
    Lea Ard18 jam yang lalu

    KAYA G ADA LG TANAH BUAT NGUBUR ORANG....ITU MAYAT MANUSIA BUKAN KUCING ...ASTAGFIRULLAHALADZIM

  • Pink Gangsta
    Pink Gangsta19 jam yang lalu

    Berita terbaru, Sungai Gangga sudah meluap. Bantaran pasir tempat kuburan² tsb sudah terendam. Banyak mayat yang terapung dan hanyut, banyak pula mayat covid19, dan banyak burung gagak dan anjing liar yang memakan mayat² tsb. Yg ditakutkan oleh media luar dan netijen luar adalah covid varian baru atau bahkan wabah baru dg penyakit baru 😭 Meskipun banyak yg menjadikan bercandaan, tapi bagaimana kalau benar terjadi ?

  • Hello_Ajie
    Hello_Ajie22 jam yang lalu

    Kemprohhhjj

  • Vivo Y81
    Vivo Y812 hari yang lalu

    Sepatutnya pemerintah india bertindak tegas terhadap perkara ini dimana seharusnya mengambil langkah tegas supaya kuburan itu diletakkan dikawasan jauh dari kawasan sungai kan negara india tidak sekedar di sepanjang sungai jadi kenapa harus mendekati sungai sahaja

  • Anggota_Noah Norel
    Anggota_Noah Norel2 hari yang lalu

    Orang Indo gausah hina2 India, kita aja mulai menuju situ. Liat sungai2 di Jakarta, bangga gitu liat sungai kita engga sekotor yg di India padahal masih kotor? Yg hina2 gausah sok suci, kyk kalian buang sampah udah pada tempatnya.

  • Sri Haryati
    Sri Haryati2 hari yang lalu

    Kalau kayu bakar habis, seharusnya pemerintah menggali lobang utk kuburan masal, dan dibantaran sungai itu dijaga kepolisian agar tdk ada warga yg dikubur sembarangan, apa lg india ga kenal air masak, dr keran langsung minum.

  • Tampan dan Berani
    Tampan dan Berani2 hari yang lalu

    Sungai yg dikatain suci kok malah jorok, lebih jorok dibanding ciliwung😂🤣

  • Brandon Mandala180
    Brandon Mandala1804 hari yang lalu

    Astaghfirullah Al azim

  • Ena swett
    Ena swett4 hari yang lalu

    Mandi di sana minum dri sana mayit di buang di sana juga...

  • Nui Bee
    Nui Bee5 hari yang lalu

    Kremasi masal aja biar irit kayu pembakaran.

  • Nui Bee
    Nui Bee5 hari yang lalu

    Sampahnya ya ampun..

  • BETA Cinta OS Lebe
    BETA Cinta OS Lebe5 hari yang lalu

    Ratusan ribu jiwa. Dan semuanya covid? Gk ada yg mati tanpa covid? 😂😂😂 Tolol...bukannya seblm covid ada pun banyak org sudah mati ratusan ribu jiwa dalm sehari? 😂😂😂Tolol 😂😂😂

  • team walet 99
    team walet 996 hari yang lalu

    India jg salah satu negara yg paling mudah di bodohi oleh negara2 luar,,termasuk Indonesia ,,tpi beda ny dengn Indonesia adalh klo Indonesia pemerintah ny yg sekongkol dengn China terutama

  • BERKAH TEKNISI
    BERKAH TEKNISI6 hari yang lalu

    Subhanallah

  • scarllet kitchen
    scarllet kitchen7 hari yang lalu

    Susah kalau ngajarin bersih orang yang terbiasa jorok...

  • Aung Ko Win
    Aung Ko Win8 hari yang lalu

    dirty water drink

  • Dik kampung
    Dik kampung8 hari yang lalu

    Miris sekli

  • Fauzia Amalia
    Fauzia Amalia8 hari yang lalu

    Dikubur,,,, beres deh masalahnya

  • Affendi4802 Jaafar
    Affendi4802 Jaafar8 hari yang lalu

    That's a prof what mentality most of the people in india! Trust the crazy shit like gangga river is "god river" , but in same time people poop, throw dead body in its! Stupid israel lover!!!!

  • m yu
    m yu9 hari yang lalu

    holy shit river

  • Har Tati
    Har Tati9 hari yang lalu

    Kl sungai tidak ada negara ini akan hancur...mangkanya dipelihara bukannya dicemari... Mayoritas org2nya jorok

  • Rizky Firmansyah
    Rizky Firmansyah9 hari yang lalu

    desa vrindavan bagaimana ini 😂

  • Ajang fountain
    Ajang fountain9 hari yang lalu

    Cuma di Indonesia covid udah ampir 2 THN dan situasi ny trus mencekam dg kematian kovid jutaan yg mati... Tpi bisa terkendali oleh pemerintah . Di India data yg mati dari pemerintah India kita GK tau..tpi yg mati ratusan ribu nyata karna kovid ..sangat jelas nampakny dan saya pun percaya sekali di India covid itu emang ada dan mematikan.

  • kita kiti
    kita kiti10 hari yang lalu

    inilah umat hindu yang membantai org2 islam.terimalah pembalasan dari Allah taala.

  • Mustofa Tope
    Mustofa Tope10 hari yang lalu

    tingkat kebersihan kayak gitu,gk usah kaget kalo dsana mkin bnyk yg sakit

  • Nur R15
    Nur R1510 hari yang lalu

    Sungei yang di sucikan sama manusia itu sendiri tapi manusia itu sendiri yang buat kotor ,kan saya jadi bingung.

  • channel TV
    channel TV10 hari yang lalu

    kita harus sllu brsyukur tnggal di indonesia..

  • Love Youtube
    Love Youtube11 hari yang lalu

    Mean people arround there they really don't understand how to protect their River for life needs. Look in Chinese where are the COViD born, they even don't let expired body to contaminated their land.. So so sad

  • Angel Cantika
    Angel Cantika12 hari yang lalu

    Sungai busuk dan kotor penuh dgn mayat dan kotoran gitu koq di blg sungai suci aneh ada"aja

  • Surya Ardy
    Surya Ardy12 hari yang lalu

    Mau nyalahin siapa msyrakt di indi gak ada akhlak kurang didikan akhlak sblm covid aja dah jorok

  • Chintya Idu
    Chintya Idu12 hari yang lalu

    Percayalah, bahwa ada rencana tuhan yg indah pada waktux. jgn takut, sbab tuhan tak membiarkan umatx memikul beban yg melebihi. Tuhan slalu ada, d setip nafas kehidupan qt...."Gbu"

  • Balkees Habeeb
    Balkees Habeeb12 hari yang lalu

    My india,

  • Orochinchin
    Orochinchin13 hari yang lalu

    Jika sungai Gangga rusak negara ini aoan hancur Su ya lu yg nganyutin mayat dikali 😭

  • BOCAH PETUALANG
    BOCAH PETUALANG13 hari yang lalu

    usul 🙏 mending sumbangin baju seperti petugas kovid agar kita bebas kemana mana karena terbukti evektif mencegah covid . mohon di pertimbangkan

  • Noury hasheem
    Noury hasheem14 hari yang lalu

    Knapa gk di kubur aja dripda dibkr masa mayt seprti mayt ayam

  • eka riyanto
    eka riyanto14 hari yang lalu

    *YG JADI PERTANYAAN NYA APAKAH DR LOUIS MASIH TIDAK PERCAYA COVID 1g*

  • Jodhi Nugroho
    Jodhi Nugroho14 hari yang lalu

    mencemari sungai. kal coviiid sampai ke samudra ini menyebar ke negara2 laiin

  • FAISAL Novranto
    FAISAL Novranto15 hari yang lalu

    Maka ny klo jual makanan itu harus freshh klo jual an itu pake sarung tangan jdi lu orang jorok bat sih anjirr

  • Billie Lachatte
    Billie Lachatte15 hari yang lalu

    Intinya manusia udah kebanyakan, alam ada batasnya sedangkan manusia berkembang biak udh kyk kecoa. Entah kalian mau melihat ini adalah tegoran yang maha kuasa, atau krn terjadi ketidakseimbangan alam, yg pasti manusia apabila tidak sadar akan kesalahannya akan mengalami kehancuran sendiri.

  • Muh Yusron
    Muh Yusron15 hari yang lalu

    Kok di pasir ???

  • Itech Labs
    Itech Labs15 hari yang lalu

    negara paling jorok sedunia

  • Ahmad Fazry
    Ahmad Fazry16 hari yang lalu

    Toloooooollllllll😂😂😂😂😂

  • indra momo
    indra momo16 hari yang lalu

    Negara paling miskin jorok dan gk jelas pemerintahannya

  • Erwin H
    Erwin H16 hari yang lalu

    Ini harusnya ditayangkan di tv nasional,supaya orang Indonesia belajar bersyukur punya pemerintah yang peduli sama rakyat nya,punya pemerintah yang berusaha maksimal demi rakyat nya,coba kalau kayak di india begitu gimana? Ngubur orang kayak ngubur kucing mati,asal-asalan,pemerintah nya masa bodo. Saya cinta Indonesia! Bangga jadi orang Indonesia!

  • Raghul S

    Raghul S

    16 hari yang lalu

    We Indians should've never adopted democracy. We should've gone with an authoritarian approach similar to China's CCP model. But unfortunately, our ruling elite class at the time of independence decided to go with democracy. And we're facing the consequences of that decision till today. From our experience with democracy, I could gladly say that a benevolent dictatorship is a thousand times better than a failed democracy.

  • Timi
    Timi16 hari yang lalu

    sungai nya ga salah apa apa tapi manusia nya yg salah nencemari sungai nya

  • Samurai Y
    Samurai Y16 hari yang lalu

    Semoga india segera membaik dan indonesia juga bisa segera membaik, Tuhan beserta kita🙏🏻

  • ximenes gur
    ximenes gur17 hari yang lalu

    Bohong itu kubur jenajah covid kok cuman pake pakaian biasa ...

  • Irul Amr
    Irul Amr17 hari yang lalu

    Sungai suci katanya tapi kotor sekali

  • Lai Cao
    Lai Cao17 hari yang lalu

    Cầu bình an cho indonesia... Chúa hằng thương xót chúng con. Amen!

  • Barrie Armstrong
    Barrie Armstrong17 hari yang lalu

    Kotornya.

  • Random 99
    Random 9917 hari yang lalu

    Kok di kubur di sungai cok, kan airnya jadi covid semua cok. Kan lebih bahaya cok. Lebih baik di bakar cok

  • abhishek kumar
    abhishek kumar18 hari yang lalu

    😂😂lol. Hypocrisy level 🙏🙏

  • Allen Pratama
    Allen Pratama18 hari yang lalu

    Pemerintah india hrs menyediakan manuk pemakan bangke

  • Edelina Simanjuntak
    Edelina Simanjuntak18 hari yang lalu

    Liat saja nanti, negara India hilang ditelan bumi.

  • Butet Juni
    Butet Juni18 hari yang lalu

    Penduduk India itu ke 2 t'byk di dunia selain RRC.

  • Dewi Murni
    Dewi Murni18 hari yang lalu

    Negaranya lebih kaya dari Indonesia. Negaranya lwbih maju dari Indonesia. Semua yang terjadi di sana adalah kebijakan negaranya. Yang penting PINTU BANDARA INTERNASIONAL INDONESIA ditutup saja. Gpp, orang kayak aku tidak pulang ke Indonesia dahulu karena sedang WABAH MENDUNIA.

  • Diana Wijaya
    Diana Wijaya18 hari yang lalu

    di india.manusia yg.mati ga di hargai seperti hewan kematian nya.😱miris

  • RR Aji
    RR Aji18 hari yang lalu

    Harusnya sebelum dikubur di bantaran sungai gangga setiap mayat dicelupkan ke air kencing sapi dan kotoran sapi supaya suci.. baru deh dimasukin ke sungai suci, pasti ga bakalan menyebabkan pencemaran linglungan..

  • RR Aji

    RR Aji

    18 hari yang lalu

    and im just hoping that mohdi could build more cremation facility for poor ppl, india could afford for a moon mission, i believe cremation facility is piece a cake..

  • RR Aji

    RR Aji

    18 hari yang lalu

    well i just saw the video etc, i tought it was legit to said so.. if those act was not based on your way of life then why some of you done it?? we believe what we see, and we never hope for someone badluck like some ppl believe in something that refute back to you.. if you not one of them, then you no need to feel offended 🙏 if feel so bad if you wish other country face the same thing like India done, but again lets hope the pandemic over shall we.. but please insure your ppl follow the rules, last time i checked there is some issue from some indian ppl who refuse to do carantina etc, that might leads to D variant reach this country..

  • Raghul S

    Raghul S

    18 hari yang lalu

    I thought Indonesians are intelligent and humble people. But now after reading your comment, I see you've no empathy for fellow human beings and you're no different from these illiterate people in this video. Let me tell you, we Indians believe in Karma. Whatever you do, returns back to you. You talk ill of my country and my people. One day, your country will go through the same and someone will talk shit about your country. I bet this will happen sooner or later.

  • Dolly Adam
    Dolly Adam18 hari yang lalu

    Hanya bisa ketawa jika mendengar negeri India. So sorry

  • Agung'z W
    Agung'z W18 hari yang lalu

    Kenapa di kubur? Di india kan ada kremasi sehingga gak banyak menghabiskan lahan

  • BANG LiHH
    BANG LiHH19 hari yang lalu

    Di rumah baik" saja di rumah sakit di suntik mati

  • Steven David
    Steven David19 hari yang lalu

    2:21 james harden

  • Ardi Aje
    Ardi Aje19 hari yang lalu

    Em baru tau tu akibat dibilang ulama dibunuh KH atau bagaimana diceramah ustadz.

  • Kentrung TV
    Kentrung TV20 hari yang lalu

    Kl tau begitu kenapa masih dikubur disana Goblok2 🤔😑

  • MacauCheers 嘻嘻哈哈
    MacauCheers 嘻嘻哈哈20 hari yang lalu

    Greetings from Macau China! We rub some tiger balm on the palms, inhale (breath in from the nose) several times. This is to protect the respiratory system against virus. Whenever heading out and coming home, I will do it. God bless Indonesia!!

  • rizki amiruslim17
    rizki amiruslim1720 hari yang lalu

    Emng nih india bener2 ga kayak indonesia yang penanganan covid nya terbaik , bissmilah dapet sarden bansos

  • pianoforme122
    pianoforme12220 hari yang lalu

    Don't ever trust this criminal channel BBC

  • Fenddy Fendy
    Fenddy Fendy20 hari yang lalu

    Itu la sungai dibuat mandi itu la dibuat minum itu la jga tmpt nelayan tgkp ikan .. semuanya air mayat covid

  • clashoftan Tan
    clashoftan Tan20 hari yang lalu

    kerajaan salah sebab tamak, nak ambil cukai dari hospital suasta tidak menubuhkan hospital kerajaan. dimana org kaya hidup org miskin tunggu mati... rakyat salah sebab degil tak dengar nasihat, merosakan air sungai, mementingkan diri sendiri....

  • aben clasher
    aben clasher20 hari yang lalu

    Semoga indonesia bisa menyaingi india..,kalau bisa skalian ngalahin deh..aminn

  • Giant atik Atik
    Giant atik Atik20 hari yang lalu

    Merinding🕵️🤔😷.Ekosistem Sungai jadi Terkontemasi.Terjadi Virus bagi Kehidupan manusia yang Tinggal di sekitarnya 🌏🔭✍️🇲🇨

  • FAIS AZZAM
    FAIS AZZAM20 hari yang lalu

    Seblm covid udah buruk,setelah abis covid makin burikk

  • Sudir Pande
    Sudir Pande20 hari yang lalu

    🕋💩💩🐖🐖💩💩💩🦮🇮🇩💩💩🇵🇰🐖🐖🇸🇦💩💩💩🐖🖕🕋🕋🕋💩💩☪️💩💩💩

  • Olin Simorangkir
    Olin Simorangkir20 hari yang lalu

    Jangan lu Dateng ke Indonesia terus lu bawa virus lagi !!!

  • RR Aji

    RR Aji

    17 hari yang lalu

    @Muh.RaisAdam oiyaaa.. 😅

  • Muh.RaisAdam

    Muh.RaisAdam

    17 hari yang lalu

    @RR Aji ada kata "lagi" dalam kalimat.

  • RR Aji

    RR Aji

    18 hari yang lalu

    udah kaleee.. pas kapan hari kan banyak orang india masuk lewat soeta, bahkan sempet kabur²an dan bikin onar di hotel karantina..

  • Aisyah Official
    Aisyah Official20 hari yang lalu

    Tidak ada tuhan selain ALLAH

  • SUPER POWER Airgun Bandung
    SUPER POWER Airgun Bandung21 hari yang lalu

    KASIAN MANUSIA EKONOMI MENENGAH KEBAWAH MENJADI KORBAN KEBIADABAN PENGUASA DUNIA VAKSIN

  • Sapu Tro
    Sapu Tro21 hari yang lalu

    Prindavan memang beda👍

  • Kerang Goreng
    Kerang Goreng21 hari yang lalu

    Gk ngerti dngan pikiran org india dan gk ngerti sma pikiran org indo ngefans dan pingin banget jd org india 😏

  • Rahman Saifullah
    Rahman Saifullah21 hari yang lalu

    Serious dah macam tengok movie bukan tengok berita lagi dah ni

  • Rahman Saifullah
    Rahman Saifullah21 hari yang lalu

    2:44 Boleh pula member dua orang tu tengah stim kat belakang 😂

  • bowo mazz
    bowo mazz21 hari yang lalu

    gak heran orangya jorok...kencing sapi aja di minum...sapi dianggap dewa..

  • nadia Alts
    nadia Alts21 hari yang lalu

    Hahahaha betul ternyata kalo org bodoh itu mudah di kenali dari perilaku nya

  • Glenn Julianto
    Glenn Julianto21 hari yang lalu

    Tanda tanda akhir zaman Tuhan akan Turun😭

  • Davie Davie

    Davie Davie

    18 hari yang lalu

    Dari taon 2010 tanda2 akhir zaman terus. Tapi gak akhir2 😓

  • Bee Tiga
    Bee Tiga21 hari yang lalu

    Katanya sungai nya suci tapi manusianya mencemari bingung

  • Syarah Izzatul Husna 33
    Syarah Izzatul Husna 3321 hari yang lalu

    Kalo kelepas ke sungai, menyebar, bermutasi lagi ke penduduknya. Jangan sampai

  • Radha Wilson
    Radha Wilson21 hari yang lalu

    Ya ampunn kok gitu sih indiaa :) sumber mata air njirr malah tercemar

  • Amisha Elfrian Kinaranti
    Amisha Elfrian Kinaranti21 hari yang lalu

    Kalo tau bakal ngerusak lingkungan, kenapa tempat tersebut dijadikan makam? Serius nanya

  • Nana Oktaviani
    Nana Oktaviani21 hari yang lalu

    Sungai Suci ?? 🤣

  • Oktaviana Bektiono
    Oktaviana Bektiono21 hari yang lalu

    9

  • it's me sofian
    it's me sofian21 hari yang lalu

    Jorok bgd sumpah

  • Zulkifli Cavani
    Zulkifli Cavani22 hari yang lalu

    Jadi ingat pembantaian kaum muslimin di india...

  • Dimas Revanditya
    Dimas Revanditya22 hari yang lalu

    ga ngerti lagi sih arti suci dr anggapan mreka tu gmn.. suci itu apa mungkin cmn angan2 aja

  • Reni Wahyuni
    Reni Wahyuni22 hari yang lalu

    Ngubur mayat kok cuma pakai pasir...kayak lagi pelesiran mandi pasir 😕😕😕😕..po ra ono TPU po o yo neng india..malah neng pingger sunge ngubur menungso...

  • Saridon Wonk
    Saridon Wonk22 hari yang lalu

    ohh my good very broken 😝

  • Arien Henderson
    Arien Henderson22 hari yang lalu

    Mirisssss

  • Fitriana Fauziah
    Fitriana Fauziah22 hari yang lalu

    Salut walaupun negara miskin tapi pada bisa bahasa inggris. Cuma jorok aja.

  • Dewi Ratnasari

    Dewi Ratnasari

    19 hari yang lalu

    India termasuk bekas jajahan inggris jd sedikit banyak mempengaruhi kemampuan berbahasa inggris rakyat india. Sama seperti malaysia dam singapura..

Berikutnya